Senin, 22 Oktober 2012

semakin sempitnya lahan untuk penghasil oksigen

oksigen apakah yang kalian ketahui tentang oksigen ..??

-mungkin banyak dari kalian yang sudah tahu tapi mari kita ulas lebih dalam tantang pengertian oksigen.
Oksigen atau zat asam adalah unsur kimia dalam sistem tabel periodik yang mempunyai lambang O dan nomor atom 8. Ia merupakan unsur golongan kalkogen dan dapat dengan mudah bereaksi dengan hampir semua unsur lainnya (utamanya menjadi oksida). PadaTemperatur dan tekanan standar, dua atom unsur ini berikatan menjadi dioksigen, yaitu senyawa gas diatomik dengan rumus O2 yang tidak berwarna, tidak berasa, dan tidak berbau. Oksigen merupakan unsur paling melimpah ketiga di alam semesta berdasarkan massa[1] dan unsur paling melimpah di kerak Bumi.[2] Gas oksigen diatomik mengisi 20,9% volume atmosfer bumi..[3]

fungsi oksigen..Oksigen merupakan kunci segala kehidupan. 

Banyak penyakit di era modern ini yang disebabkan kekurangan oksigen. Ini adalah masalah serius dunia. Dengan oksigen akan mampu meregenerasi sel, membantu memperbesar daya absorsi vitamin dan nutrisi, meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan menetralkan zat-zat beracun dalam aliran darah.
Setiap sel dalam tubuh manusia membutuhkan oksigen, untuk membelah, untuk bertumbuh dan untuk sel tetap hidup.
Manfaat oksigen:
1. Meningkatkan daya ingat dan kecerdasan otak.
2. Mencegah kanker, asthma, dan berbagai penyakit.
3. Meningkatkan metabolisme.
4. Mengurangi racun dalam darah.
5. Menstabilkan tekanan darah.
6. Memperkuat jantung dan sistem kekebalan tubuh.
7. Mencegah stress dan gugup
8. Mempercantik kulit dan mencegah penuaan dini.

dari uraian di atas kita tahu bahwa begitu vital fungsi oksigen dalam tubuh kita..
tanpa oksigen kita tak akan bisa hidup.

kita semua sudah tahu tapi mengapa semakin lama lahan untuk penghasil oksigen semakin sempit..
apa yang sebenarnya terjadi dengan diri kita..
mari kita lihat beberapa ulah manusia yang menyebabkan sempitnya lahan di untuk penghasil oksigen(ilegall logging,pertambangan,dll)

pertama-tamamari kita bahas tentang illegal logging



Persoalan illegal logging kini sudah menjadi fenomena umum yang berlangsung di mana-mana. Illegal logging bukan merupakan tindakan haram yang dilakukan secara sembunyi-sembunyi, tetapi sudah menjadi pekerjaan keseharian. Fenomena illegal logging kini bukan lagi merupakan masalah kehutanan saja, melainkan persoalan multipihak yang dalam penyelesaiaanya pun membutuhkan banyak pihak terkait.



Permasalahan mendasar yang dihadapi bagi penegak hukum dalam memberantasillegal logging disebabkan illegal logging termasuk dalam kategori kejahatan yang terorganisir, yaitu ada actor intelectualnya, ada pelaku materialnya. Pelaku material bisa buruh penebang kayu yang hanya diupah, pemilik modal (cukong), pembeli, penjual dan acapkali ada backingdari oknum TNI atau Polri, aparat pemerintah maupun tokoh masyarakat. Di antara mereka selalu bekerja sama secara rapi, teratur dan solid. Disinyalir ada yang membackingi, sehingga praktek illegal logging sangat sulit diberantas, dan kalaupun ditemukan kasusnya yang dipidana bukan actor intelectual atau cukong, hanya pelaku biasa seperti penebang kayu, pengemudi, atau nakhoda kapal yang menjalankan kenderaannya. Pelaku sebenarnya sudah kabur duluan sebelum petugas penegak hukum dapat menangkapnya.
Akibat dari kerusakan hutan akan menimbulkan dampak-dampak negatif. Salah satunya bencana banjir dan kerusakan lingkungan itu sendiri. Kerusakan hutan umumnya akibat illegal logging (IL), sedangkan sebagian kecil sisanya karena untuk pemenuhan kebutuhan warga yang bermukim disekitar hutan. Untuk mengantisipasi perilaku masyarakat yang merusak hutan pemerintah daerah perlu mengambil langkah yang tepat.

dan tahukah kalian bahwa indonesia..
negara yang kaya dengan sumber daya manusia dan alamnya yang melimpah 
ini ternyata  Selama sepuluh tahun terakhir, laju kerusakan hutan di Indonesia mencapai dua juta hektar per tahun. Selain kebakaran hutan, penebangan liar (illegal loging) adalah penyebab terbesar kerusakan hutan (Soekotjo, 2007). Illegal logging telah menjadi penyebab utama kerusakan hutan yang sangat parah. Bahkan lebih dari itu, penebangan haram ini telah melibatkan banyak pihak dan dilakukan secara terorganisir serta sistematis. Kejahatan ini bukan hanya terjadi di kawasan produksi, melainkan juga sudah merambah ke kawasan lindung dan taman nasional.
sugguh tragis dan menyedihkan membaca kutipan tersebut karena negara yang di kenal dunia dengan sumber daya alamnya yang melimpah sampai sampai negara-negara di eropa dulu datang menjajah hanya untuk menguasai kekayaan alam indonesia..
tapi kini kita sudah merdeka akan tetapi kekayaan indonesia seakan perlahan-lahan mulai habis..
dulu tanah yang subur kini menjadi tandus akibat ulah manusia
dulu pulau kalimantan yang masih asri dan penuh dengan oksigen kini seakan hampir di penuhi asap perusahaan pertambangan..
dulu sering terdengar suara kicauan burung hewan-hewan yang berkeliaran kini seakan sirnah di gantikan suara mesin yang bising yang seakan berkata..
kami adalah pemenangnya
apa mungkin benar kata orang..
indonesia telah di jajah oleh keserakahan,ke egoisan individu individu yang kurang bertanggung jawab hanya menginginkan harta dan harta tanpa memikirkan  kehidupan alam semesta(ekosistem). 
entah apa yang terjadi dengan ibu pertiwi bila melihat semua ini..
keserakahan,ke egoisan telah merusak ekosistim alam..
maka dari itu kita sebagai generasi muda marilah kita jaga alam kita
tidak ada kata terlambat untuk berubah..
saatnya melakukan perubahan dan saatnya kita mulai menanam pohon dan saatnya kita mulai 
menjaga ekosistem alam supaya anak cucu kita bisa menikmati apa yang kita nikmati sekarang...
;)semangatttt....



Tidak ada komentar:

Posting Komentar